Friday 6 January 2017

Cara Membuat Efek Blur Pada Foto (Autofocus) di Photoshop

Tutorial Photoshop,- Setelah sebelumnya saya membagikan tutorial mengenai cara membuat body splatter efect dengan photoshop, kali ini saya akan membagikan tutorial yang masih berhubungan dengan adobe photoshop yaitu cara membuat efek blur pada foto atau autocus di photoshop. Sekarang ini banyak orang khususnya di media sosial berlomba-lomba memposting foto terbaik mereka, ada foto yang biasa saja dan ada foto yang luar biasa. Berbicara mengenai foto, pasti tidak lepas dengan apa yang namanya kamera, karena kamera memang diciptakan untuk mengabadikan sebuah objek. Untuk masalah bagus tidaknya sebuah foto yang diambil dengan kamera tergantung berapa megapixel kamera tersebut. Jika kamera mempunyai megapixel yang besar maka bisa dipastikan bahwa foto yang dihasilkan juga akan bagus.

Untuk kamera hanphone yang mempunyai megapixel yang besar biasanya mempunyai fitur khusus, seperti yang sudah banyak diketahui yaitu Autofocus. Fitur Autofocus disini memang akan membuat jepretan foto akan menjadi lebih bagus dan terlihat jelas pada titik yang sudah ditentukan, sedangkan untuk yang tidak ditandai dengan autofocus akan sedikit blur. Dengan ini foto yang dihasilkan bisa lebih baik dan enak untuk dilihat. Untuk membuat autofocus atau efek blur, sekarang ini tidak perlu menggunakan kamera dengan fitur autofocus, karena membuatnya bisa dilakukan dengan menggunakan software. Untuk softwarenya mungkin anda semua sudah tahu bahwa adobe photoshop pasti akan disebut di awal, karena tidak cuman bisa membuat foto menjadi lebih baik, adobe photoshop juga bisa digunakan untuk membuat berbagi efek, termasuk efek blur atau autofocus.


Nah jika anda tidak mempunyai kamera dengan fitur autofocus, jangan bersedih karena dengan bantuan software serba bisa "Adobe Photoshop", foto yang awalnya hanya biasa saja akan luar bisa, berikut tutorial cara membuat efek blur atau autofocus di Adobe photoshop.

Cara Membuat Efek Blur (Autofocus) di Photoshop


1. Pertama silahkan siapkan foto yang ingin di buat efek blur atau autofocus.
2. Kemudian seleksi bagian foto atau gambar yang ingin diseleksi, bisa wajah, badan atau pun batang pohon. Untuk menyeleksinya bisa menggunakan Quick seletion tool (W) jika ingin cepat atau bisa menggunakan Pen Tool (P) jika ingin rapi, atau baca: cara rapi seleksi di photoshop dengan pel tool.


3. Jika sudah terseleksi sesuai dengan yang anda inginkan, selanjutnya tekan (Ctrl+Shift+I) pada keyboard untuk membalikkan hasil seleksi.


4. Langkah selanjutnya adalah membuat backgroud atau yang tidak terseleksi menjadi blu, caranya pilih menu Filter - Blur - Field Blur.


5. Nah untuk selanjutnya disini bisa anda sesuaikan sendiri ketajaman blur beserta pengaturan lainnya, lihat contoh gambar dibawah ini.


6. Jika sudah berikut contoh hasilnya.


Mudah bukan cara membuat efek blur atau autofocus dengan photoshop, dengan begitu anda bisa membuat foto menjadi autofocus tanpa bantuan kamera. Sekian tips photoshop yang dapat saya bagikan dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment